Selasa, 27 Oktober 2015

Memilih Sistem Trading


Melakukan uji coba sistem memakai backtest akan meningkatkan kehandalan sistem yang kita gunakan saat ini. Namun pernah tidak Anda mencoba memikirkan sistem yang telah teruji dan dipakai oleh trader lain? Mungkin Anda tidak mengira kalau sistem yang pernah teruji dan dipakai oleh orang bisa jadi memiliki keuntungan lebih baik daripada sistem kita, apalagi jika sistem tersebut belum terpercaya sama sekali.

                      

Menguji coba sistem orang lain bisa lebih praktis ketimbang membangun sistem sendiri dari nol. Dengan memiliki sistem yang sudah pernah teruji sebelumnya, diharapkan backtest (uji coba) yang kita lakukan saat ini dapat melahirkan suatu sistem yang menguntungkan, hanya dengan sedikit pembenahan rule (revisi sistem). Coba bayangkan, hanya dengan menyalin sistem orang lain, Anda sudah bisa mendapatkan sistem yang sangat bagus dan hanya perlu sedikit perbaikan untuk memperoleh sistem terbaik.

Mungkin ada yang nyelonong bilang begini: “Walah Boss saya coba menyalin sistem teman kok tambah amburadul ya..” Eits... jangan salah! Hanya karena disalin bukan berarti tidak bisa menguntungkan. Sama seperti trading pada umumnya, kadang-kadang kita perlu merubahnya sedikit agar lebih sederhana menurut pandangan kita. Karena tahu sendiri kan, kesederhanaan sistem adalah kunci konsistensi trading.

                                

Ada beberapa cara untuk melakukan uji coba, misalnya dengan mengatur waktu penggunaan, menyusun cara untuk mendapatkan profit pada poin-poin tertentu, atau mengubah besar-kecil drawdown-nya. Apabila hasil yang didapat sudah cukup memuaskan, Anda bisa memakainya dalam trading jangka panjang. Walaupun begitu, tetaplah untuk selalu mencoba menemukan simulasi yang lebih tepat dan lebih bagus daripada uji coba pertama Anda.

Untuk bisa meyakinkan seberapa hebat sistem yang telah diuji coba, sebaiknya perhatikan ketentuan atau aturan yang sering digunakan oleh trader-trader berpengalaman. Idealnya, mereka yang sedang melakukan uji coba sistem akan menulis penjelasan rinci tentang bagaimana strategi trading bekerja. Jadi kalau ingin menguji coba sistem, kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Apakah sistem yang akan kita gunakan termasuk pengikut tren (trend follower) atau melawan tren?

                              

Selanjutnya, apakah sistem yang Anda uji termasuk sistem trading jangka panjang, jangka menengah, atau jangka pendek? Kalau bisa, fokuskan di salah satu saja, contohnya Anda memang suka di periode jangka pendek atau scalping, maka sistem yang akan diuji coba hanya terfokus pada strategi jangka pendek. Jangan mencari-cari sistem dengan kekuatan jangka panjang.

Setelah itu, persiapkan pemilahan tren, pemilihan tipe waktu sistem trading baru, dan mempersiapkan batasan toleransi risiko. Nantinya Anda harus bisa mengetahui, apakah ada risiko saat menggunakan strategi ini dan seberapa kerugian maksimal yang dapat diresikokan bila sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak sesuai dengan prediksi sistem. Semuanya harus dipersiapkan dahulu sebelum uji coba dimulai.

Terakhir adalah apakah lebih banyak kemenangan dalam setiap transaksi atau malah banyak kekalahan di beberapa open position. Hal ini adalah langkah terakhir ketika uji coba selesai dilakukan. Melihat kehandalan sistem, pastinya tidak terlepas dari profit atau loss. Semakin banyak profitnya, sudah dapat dipastikan sistem yang kita lakukan berhasil untuk saat ini.

Namun sebaliknya, apabila sistem yang kita uji tersebut memperlihatkan kerugian apalagi secara signifikan merugi total, maka sudah sewajarnya Anda mengganti rule serta manajemen risiko dalam sistem tersebut.



Dengan begitu, dapat kita pahami bahwa semakin banyak informasi yang tersedia untuk sistem trading, maka keputusan Anda akan lebih baik untuk membuat serta memilih strategi trading forex otomatis. Harapannya setelah mendapat hasil dari uji coba dengan beberapa kali melakukan simulasi, nantinya bisa ditemukan hasil sistem yang paling nyaman, paling cocok menurut kita, ataupun yang paling menguntungkan. Nah, jika sudah menemukannya, maka itulah sistem yang akan kita pakai untuk trading kita kedepan.

(Copas)

1 komentar:

  1. Dengan segala fasilitas yang dimana memang terbaik juga telah di berikan, dimana dengan bonus yang menarik, serta dengan adanya juga pelatihan online nya juga, tapi setelah ane lihat nya sekilas website ACY ini ada hal yang harus di kembangkan kembali, seperti dimana kecil masalah leverage, kurang dalam layanan berbahasa, dan juga awal depo yang tinggi, harapan sih semoga ACY dapat di kembangkan lagi deh agar ane dapat tertarik nanti untuk gabung di ACY

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com